Strategi Pembelajaran Ala Abu Nawas

Strategi Pembelajaran Ala Abu Nawas
Dalam pembalajaran guru pasti menggunakan strategi, metode pendekatan dan teknik. Strategi pembelajaran yang paling baik adalah strategi pembelajaran abu nawas. Abu nawas mempunyai beberapa jamaah pengajian rutin sehingga dibuat jadwal hari dan jamaahnya. Pada hari rabu dia mendatangi suatu jamaah, yang setelah salam dan muqoddimah dia berkata, “Para jamaah yang dimulyakan dan dirahmati Allah Swt. Apakah jamaah sudah tau apa yang akan saya sampaikan?”
Para jamaah menjawab, “Belum.”
AbuNawas,”Percuma saya mengajar kepada orang yang tidak tahu sama sekali, untuk itu kita lanjutkan hari rabu yang akan datang .”
Kemudian dia meninggalkan jamaah setelah salam.
Pada hari rabu berikutnya, Abu Nawas datang. Para jamaah dengan penuh hormat menyambut kedatangannya. Abu Nawas mengucapakan salam dengan suara yang lantang. Para jamaah menjawabnya dengan semangat dan ta’dhim. Abu nawas mengucapkan tahmid, syukur dan shalawat kemudian berkata,”Para jamaah yang dimulyakan dan dirahmati oleh Allah, apakah para jamaah sudah tau apa yang akan saya sampaikan?”
Jamaah menjawab menjawab,”Suuuuudaaaahhh!”
Abunawas,”Tak ada gunanya, tak ada manfaatnya mengajar menyampaikan ilmu kepada orang yang sudah tahu, sudah mengerti. Oleh karena itu, kita akan berjumpa lagi pada hari rabu yang akan datang. Assalamualaikum Wr.Wb.
Pada hari rabu berikutnya sebelum abu nawas datang para jamah bermusyawarah bagaimana cara menghadapi/menjawab pertanyaaan Abu nawas. Mereka mengambil kesimpulan bahwa separuh menjawab belum dan separuh menjawab sudah.
Begitu Abu nawas datang dengan wajah ceria mengucapkan salam dengan kalimat yang fasih dijawab jamaah dengan kalimat yang fasih pula.
Abunawas memulai ceamahnya dengan kalimat,”Para jamaah yang dimulyakan dan dirahmati Allah, apakah para jamaah sudah mengetahui apa yang akan saya sampaikan?
Separuh jamaah menjawab sudah, dan separuh jamaah yang lain menjawab belum. Abu nawas berkata,”Para jamaah perlu dketahui bahwa orang yang sudah tahu sudah mengerti berkewajiban memberitahu, mengajari orang –orang yang belum mengerti, cukup sekian Assalamualaikum Wr.Wb.”

Posting Komentar

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
HTML5 By Ega Ariya Dirgantara - Thesis Template By Reza ilmi